Rabu, 07 Oktober 2009

MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

A. LAN atau Local Area Network
LAN atau Local Area Network adalah suatu jaringan komputer yanh menghubungkan komputer atau work station yang satu dengan yang lain di rumah dan perkantoran.
Jaraknya dibatasi sampai beberapa kilometer dan memiliki kecepatan koneksi antara 2-10 MB per sekon. Jaringan LAN terbagi atas jaringan client/server dan peer-to-peer. Jaringan client/server adalah tipe jaringan yang difungsikan untuk client dan server. Komputer client selalu meminta pelayanan pada komputer server. Komputer server melayani client dengan fasilitas seperti file server, print server, web server, dan mail server. Tipe jaringan ini sangat sesuai untuk meningkatkan keamanan data.
Adapun tipe peer-to-peer adalah tipe jaringan yang memperlakukan semua komputer setara. Tidak ada yang melayani dan dilayani semua komputer bertindak sendiri-sendiri, tetapi tetap saling dapat berhubungn untuk saling sharing resources. Teknologi yang biasanya dipakai LAN adalah Ethernet, Token RIng, dan FDDI.

B. MAN atau Metropolitan Area Network
MAN atau Metropolitan Area Network prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja ukuran jaringannya lebih besar dibandingkan LAN. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor yang letaknya berdekatan dengan kota yang sama.




C. WAN atau Wide Area Network
WAN atau Wide Area Network adalah sebuah jaringan antarnegara bahkan benua. Komputer, printer, dan alat lainnya pada LAN dapat terhubung secara jarak jauh. Salah satu tujuan lain pembuatan WAN adalah untuk penyediaan layanan e-mail, World Wide Web, transfer file.
Teknologi yang biasa dipakai WAN adalah modem, ISDN (Integrated Service Digital Network), DSL (Digital Subcriber Line), dan Frame Relay.


BAGAIMANA MEMBACA 907.045.178.203.465.897.599?

Sembilan ratus tujuh trita empat puluh dwiyar seratus tujuh puluh delapan dwita dua ratus tiga milyar empat ratus enam puluh lima juta delapan ratus sembilan puluh tujuh ribu lima ratus sembilan puluh sembilan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar